Menyajikan Data Lifting Minyak dan Gas Bumi dalam Pivot Table



Ketika bekerja dengan data dinamis, yang jumlahnya bisa terus bertambah seiring waktu, maka menggunakan Pivot Table adalah pilihan cerdas dan praktis.

Sebab, bersama Pivot Table, data tersebut bisa ditabulasikan kedalam beberapa baris katagori dan/atau sub kategori statis, bersamaan dengan nilai dinamisnya yang ditampilkan dalam sejumlah kolom sesuai dengan kebutuhan

Dalam tutorial kali ini kita akan coba buat Pivot Table berdasarkan data lifting migas Provinsi Aceh sepanjang tahun 2008 – 2020.

Berdasarkan Daftar Informasi Pupblik Dinas ESDM Aceh Tahun 2020, data sinkronisasi lifting migas  Aceh merupakan bagian dari informasi publik yang tersedia setiap saat.

Langkah pertamanya adalah dengan menginput data terlebih dahulu. Dan ada tiga hal yang harus diperhatikan. Pertama, setiap kolom harus diberi judul (header). Kedua, jangan ada kolom atau baris subtotal, biarkan apa adanya karena nanti excel yang akan mengerjakannya untuk kita. Ketiga, jangan ada baris atau kolom yang kosong seluruhnya.

Langkah kedua, adalah mentransformasikan data yang telah di input tadi kedalam tabel excel official. Caranya dengan terlebih dahulu memilih salah satu baris atau kolom secara acak lalu baru melalukan klik pada menu tab Insert, perhatikan dipojok kiri atas, pilih sub menu Table.

Langkah selanjutnya adalah meng-klik Pivot Table pada menu Insert.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terserang Penyakit Mematikan dari Asap Tungku, Memasak dengan Kayu Bakar Masih Terus Merenggut Jutaan Nyawa Manusia

Biodiesel Ganja Rami (Hemp Fuel) dan Harapan (Palsu) Baru Spesies Cannabis Sativa

Baterai Dari Plastik Daur Ulang, Solusi Bagi Masalah Sampah Dunia