Toyota Menguji Bahan Bakar Hidrogen Pada Forklift

Gambar: toyotaforklift.com


BBH atau bahan bakar hidrogen (bahasa Inggris: fuel cell) adalah sumber energi masa depan bersifat ecoenergy dengan proses pembakaran yang hanya menghasilkan air sebagai "asap knalpot"nya.

Dalam perkembangan terkini, Toyota telah memutuskan untuk menjadi bagian dari kemitraan yang terdiri dari Pemerintah Prefektur Kanagawa, pemerintah kota Yokohama dan Kawasaki, dan tiga perusahaan sektor swasta. Sebagaimana dilansir dari mhlnews, kemitraan mereka bertujuan untuk mengevaluasi rantai pasokan hidrogen dari hulu ke hilir (end-to-end low-carbon hydrogen supply chain), yang mana bahan bakar hidrogen nantinya akan dipakai untuk menghidupkan forklift.

Listrik yang dihasilkan pembangkit bertenaga angin (PLTB) milik Pemerintah Kota Yokohama akan digunakan untuk meng-elektrolisis hidrogen yang kemudian dikompresi, disimpan, dan diangkut dengan truk pengisian bahan bakar hidrogen ke empat lokasi: pabrik, pasar buah&sayur, dan dua buah gudang penyimpanan.

Di empat lokasi tersebut hidrogen akan digunakan sebagai bahan bakar forklift, rantai pasokan hidrogen ini diharapkan akan mengurangi emisi CO2 setidaknya 80% jika dibandingkan dengan forklift yang digerakkan oleh bensin atau listrik dari pembangkit fosil (generator).

Proyek ini merupakan pilot studi rantai pasokan hidrogen untuk menilai kelayakan dari sisi biaya, dan memperkirakan potensi pengurangan CO2 yang dapat dicapai dengan rantai pasokan penuh di masa depan.

Tahapan Produksi Hidrogen

Hidrogen diproduksi dengan menggunakan listrik dari energi angin yang dihasilkan di Hama Wing Yokohama untuk mengoperasikan sistem elektrolisis air. (Toshiba Corp.)

Tahapan Penyimpanan dan Kompresi Hidrogen

  • Volume hidrogen yang cukup untuk menggerakkan fuel cell selama dua hari akan disimpan di lokasi. (Toyota Turbine and Systems Inc.)
  • Listrik juga akan disimpan dalam sistem baterai penyimpanan yang ramah lingkungan yang menggunakan kembali baterai dari baterai kendaraan hibrida, sehingga memastikan pasokan hidrogen yang stabil bahkan saat Hama Wing tidak beroperasi.

Tahapan Transportasi Hidrogen

  • Hidrogen dikirim dengan truk pengisian bahan bakar hidrogen (yang pertama dari jenisnya yang akan digunakan di Jepang).
  • BBH terkompresi tersebut akan digunakan oleh forklift pada empat lokasi seperti yang telah disebutkan.
  • Konsumsi BBH forklift akan terus dipantau, untuk memastikan transportasi dan pasokan yang optimal untuk memenuhi kebutuhan pengguna akhir.

Tahapan Pemanfaatan Hidrogen

  • Dua belas forklift akan beroperasi di empat lokasi yang dipilih untuk memperlihat performa masing-masing dalam berbagai kondisi pengoperasian. (Toyota Industries Corp.)
  • Forklift bertenaga BBH pertama di Jepang, yang diperkenalkan Toyota pada Februari 2016, mengeluarkan nol CO2 selama operasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terserang Penyakit Mematikan dari Asap Tungku, Memasak dengan Kayu Bakar Masih Terus Merenggut Jutaan Nyawa Manusia

Biodiesel Ganja Rami (Hemp Fuel) dan Harapan (Palsu) Baru Spesies Cannabis Sativa

Baterai Dari Plastik Daur Ulang, Solusi Bagi Masalah Sampah Dunia