Microsoft dan BP Bekerja Untuk Energi Terbarukan

Gambar: lightsourcebp.com

Microsoft telah bersepakat dengan perusahaan energi plat merah asal Inggris, BP, untuk saling membantu dalam mengembangkan pemanfaatan energi terbarukan.

Kemitraan strategis antara BP dengan Microsoft bertujuan untuk memacu transformasi digital dalam sistem penyediaan energi.

Kerja sama ini juga akan menambah item kekuatan kedua perusahaan bila tujuan bebas emisi (net zero carbon goals) ditimbang dalam analisis SWOT.

Selanjutnya BP dapat mengunakan layanan cloud-computing Microsoft Azure, sebuah rangkaian layanan yang dibangun oleh Microsoft untuk membantu perusahaan menghadapi tantangan bisnis di era digital. Sebagai imbalannya maka Microsoft akan mendapatkan suplai listrik dari fasilitas energi terbarukan milik BP. 

Pada bulan agustus silam, BP baru saja mengumumkan akan segera beralih ke energi terbarukan setelah mengumumkan kerugian sebesar 16,8 miliar USD.

Fokus kedua perusahaan tersebut sebenarnya ada pada gagasan utama mereka, yaitu: smart and clean city. 

Konsep smart and clean city merupakan gabungan antara visi Kota Cerdas milik Microsoft dan Kota Bersih versi BP, bila visi keduanya diterapkan maka ekonomi perkotaan tetap dapat tumbuh tanpa menambah jumlah emisi CO2.

Untuk menciptakan kondisi tersebut maka konsep 'kota cerdas dan bersih' harus di sokong oleh zona clean energy park, yaitu area yang disediakan secara khusus untuk instalasi pembangkit listrik dari sumber energi terbarukan seperti angin, surya, dan air. 

Clean energy park milik BP dan Microsoft punya keunggulan tersendiri karena zona tersebut memiliki infrastruktur penangkap dan penyimpan karbon

Kemudian aspek ekologi juga perlu mendapatkan perhatian khusus agar sebuah 'kota cerdas dan bersih' dapat berjalan. Konsumsi energi rumah tangga (consumer energy) harus di tata sedemikian rupa sehingga sumber daya yang berkelanjutan dapat digunakan secara optimal untuk memasok kebutuhan listrik dan air.

Lalu yang terakhir adalah keberadaan Internet of Things (IoT) sektor industri, konsep internet untuk segalanya ini sangat penting bagi perusahaan energi seperti BP. Dengan adanya IoT maka proses transfer data lewat jaringan tidak lagi dibatasi oleh interaksi langsung antara manusia dengan komputer. Kinerja sektor industri pun tentunya bisa lebih maksimal, dan tujuan dari 'kota cerdas dan bersih' tersebut akan selalu dapat terjaga.

Kemitraan strategis seperti inilah yang sudah sepatutnya juga dilakukan oleh setiap perusahaan energi agar proses transisi energi dapat menyukseskan kesepakatan Paris.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terserang Penyakit Mematikan dari Asap Tungku, Memasak dengan Kayu Bakar Masih Terus Merenggut Jutaan Nyawa Manusia

Biodiesel Ganja Rami (Hemp Fuel) dan Harapan (Palsu) Baru Spesies Cannabis Sativa

Baterai Dari Plastik Daur Ulang, Solusi Bagi Masalah Sampah Dunia