Kapal Tanker Minyak Murah Pesanan BP dan Bisnis Migas Yang Dinamis

VLCC MV Sirius Star pada 2008, setelah dibajak perompak Somalia (Gambar: wikipedia.org)

British Petroleum (BP) kabarnya akan menyewa sebuah supertanker untuk menyimpan minyak mentah di lepas pantai Malaysia, demikian dilansir dari Reuters.  

Munculnya kembali kasus virus korona, cuaca buruk, dan berakhirnya summer driving season di bagian utara belahan bumi telah kembali memperlambat perdagangan minyak global dan menyurutkan permintaan pengiriman.

Konsekuensi itu pula yang membuat Aramco, perusahaan plat merah Arab Saudi, memilih menurunkan harga minyak mentah Arab Light untuk pasar di Asia pada Oktober mendatang. Pantaslah kemudian terdengar kabar bahwa keuangan perusahaan minyak terbesar dunia itu semakin terjepit ketika tetap dituntut untuk membayarkan dividen sebesar 75 milyar USD.

BP sendiri kini mencarter Very Large Crude Carrier (VLCC) GENE, pengangkut minyak mentah raksasa dengan harga $ 20.500 per hari selama tiga bulan dan memiliki opsi untuk memperpanjang tiga bulan lagi dengan harga $ 22.000 per hari, menurut sumber Reuters.

Berdasarkan penelusuran, posisi GENE saat ini berada pada koordinat Latitude: 2.351217° dan Longitude: 101.8812°, dekat Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia.

Ternyata tarif sewa yang diperoleh oleh BP adalah tarif termurah dalam tahun ini. Kapal tanker itu diharapkan tiba di pelabuhan Sungai Linggi di pantai barat semenanjung Malaysia pada Kamis malam ini.

Tarif harian untuk mencarter VLCC selama enam bulan mencapai harga tertinggi pada bulan April lalu, yaitu antara 120.000 hingga 130.000 USD per hari. Ketika itu karena pedagang bergegas untuk menyimpan minyak mentah setelah ambruknya harga. Lebih dari 1 miliar barel minyak mentah tersimpan tak terpakai selama kuartal kedua dan ketiga.

Bisnis migas memang dinamis. Strategi dagang yang dikenal sebagai permainan contango, bergantung pada peluang yang akan terjadi dalam waktu singkat. Keputusan yang tepat tentunya harus dibekali dengan kemampuan untuk membaca perubahan yang cepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terserang Penyakit Mematikan dari Asap Tungku, Memasak dengan Kayu Bakar Masih Terus Merenggut Jutaan Nyawa Manusia

Biodiesel Ganja Rami (Hemp Fuel) dan Harapan (Palsu) Baru Spesies Cannabis Sativa

Baterai Dari Plastik Daur Ulang, Solusi Bagi Masalah Sampah Dunia