Bincang-bincang LNG (3)

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ
POTENSI PEMANFAATAN GAS BUMI
Pemanfaatan LNG dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu: secara langsung sebagai Bahan Bakar (LNG,LPG, atau BBM), atau secara tidak langsung melalui produk turunannya dari industri petrokimia (Urea atau Olefin/Aromatic Based Polymers).
Matriks perbandingan pemanfaatan hidrokarbon secara langsung dan tidak langsung pada tingkat nilai keekonomian produksi sebagai berikut:

BAHAN BAKAR
PETROKIMIA
Laju produksi tinggi
Laju produksi rendah
Umur produksi singkat
Umur produksi lebih panjang
Return investasi cepat
Return investasi lambat
Multiplier effect kecil selaras dengan nilai tambah produk
Multiplier effect besar selaras dengan nilai tambah produk
Kondisi pasar cenderung berfluktasi
Kondisi pasar cenderung stabil

Tidak heran jika potensi Cadangan Gas Bumi konvensional Indonesia menurun drastis, sehingga lapangan Gas Alam raksasa sekelas Arun di Aceh terpaksa berhenti produksi di akhir tahun 2014 ini. Hal ini tidak lain dari akibat pemanfaatan potensi LNG yang diterapkan selama ini dilakukan secara langsung menjual LNG sebagai produk bukan melalui produk turunannya.


Namun terdapat kabar yang sedikit menyejukkan hati karena ternyata di lapangan-lapangan raksasa seperti Arun tersebut diperkirakan masih memiliki Cadangan Gas Bumi non-konvensional yang lazim disebut sebagai Shale Gas. Menurutsumber Kementerian ESDM, potensi shale gas Indonesia ±574 TSCF. Atau jauh lebih besar jika dibandingkan CBM yang sekitar 453,3 TSCF dan gas bumi 334,5 TSCF.

Diakui bahwa problem untuk mengembangkan Shale Gas itu sendiri harus melalui teknologi khusus seperti pengeboran horizontal dengan sistem grid serta hydraulic fracturing untuk merekahkan source rock tempat bernaungnya gas tersebut. Untuk artikel sederhana yang membahas hal ini silahkan klik disini 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terserang Penyakit Mematikan dari Asap Tungku, Memasak dengan Kayu Bakar Masih Terus Merenggut Jutaan Nyawa Manusia

Biodiesel Ganja Rami (Hemp Fuel) dan Harapan (Palsu) Baru Spesies Cannabis Sativa

Baterai Dari Plastik Daur Ulang, Solusi Bagi Masalah Sampah Dunia